Friday, January 12, 2007

Gagal... Emang kenapa?

Wajar kalau orang ngga mau gagal dalam berusaha, jangankan kita yang dananya pas-pasan, seorang milyuner pun saya pikir ngga bakal mau bikin usaha kalau dia tau itu bakal gagal. Terus kenapa ada yang berani melangkah dan mencoba meraih mimpinya dan sebagian lain hanya berada diluar arena walaupun memiliki keinginan untuk punya usaha dan segudang ide?

Takut gagal menjadikan seseorang maju mundur ketika akan mengeksekusi sebuah ide menjadi sesuatu aktifitas yang tampak oleh kasat mata. Banyak alasan yang keluar dari mulut seseorang, tapi pada intinya semua adalah ungkapan lain dari takut gagal, baik itu alasan ngga cukup modal, ngga ada waktu atau yang lainnya.

Fokus merupakan salah satu jawabannya. Setiap usaha selalu mempunyai dua kemungkinan, yaitu berhasil atau gagal. Fokus seseorang mempengaruhi tindakannya, Fokus pada kegagalan akan menutup matanya dari kemungkinan berhasil atau dia berpikir tingkat keberhasilannya selalu kecil sehingga dia tidak akan pernah mewujudkan ide-idennya walaupun ada ratusan ide yang dia miliki, sedangkan fokus pada keberhasilan membuat orang berani mengeksekusi idenya menjadi sebuah aktifitas (Usaha) walaupun dia tatap melihat ada kemungkinan gagal, dia menyiapkan jurus-jurus mengantisipasi, maka melangkahlah dia ke dunia usaha itu.

Sekarang banyak usaha yang dimulai dengan modal dana 0 atau modal dana sedikit ternyata sukses bahkan mengalahkan usaha yang dimulai dengan modal jutaan atau puluhan juta rupiah. Waktu juga demikian, banyak jenis usaha yang tidak perlu kita tongkrongi setiap saat tapi tetap bisa jalan.

Fokuslah pada keberhasilan, keberhasilan dan keberhasilan, memotivasi kita melakukan action, ketika action itu sudah dilakukan tapi ternyata menemui hambatan, persoalan-persoalan yang sebelumnya belum siap diantisipasi, hadapi itu, tetap berpikir bagaimana mengatasinya, apa yang salah terus review...

kalau kita dapat mengatasinya maka keberhasilan akan dengan suka rela menemui kita tapi sebaliknya ketika kegagalan yang menemui kita, emang kenapa? Apakah dunia akan kiamat? Akan terlihat sikap mental kita apakah jera atau tetap semangat, apakah harapan keberhasilah itu sirna atau tetap menyala?

Akan menjadi yang manakah anda? buktikan sendiri dengan ACTION!!!

Wassalam,
Budi Rahmad

No comments: