Monday, January 15, 2007

"Gaji naik ngga sih...?"

Isu hangat di perkantoran pada awal tahun biasanya berputar di topik "KENAIKAN GAJI", sedangkan pada akhir tahun biasanya "BONUS", tidak semua perusahaan mempunyai kebijaksanaan yang sama mengenai waktu dan besarannya tapi biasanya sebagai karyawan ada harapan yang besar terhadap kenaikan gaji dan bonus tersebut. Bahkan pada saat menunggu itu timbul spikulasi, ramalan-ramalan, optimistis bahkan ada yang pesimis, ini menjadi sesuatu menarik untuk dibicarakan terutama kalau berkumpul pada saat makan siang atau lagi nongkrong di pantry. "Gaji naik ngga sih...?"

Wajar dong kalau itu menjadi topik hangat para karyawan saat ini, dengan kenaikan gaji tersebut otomatis penghasilan jadi bertambah, ada post-post pengeluaran yang bisa diperbesar atau kalau yang pendapatannya sudah berlebih bisa untuk menambah uang tabungan atau bisa mengutak atik dana pinjaman dengan cicilan berapa bisa diambil sekarang. Ada yang pengen mengambil KPR, Kredik Motor baru, Mobil baru atau HP baru. Ada harapan besar disana untuk melakukan perubahan-perubahan.

Sebagian teman saya ada juga yang ngga begitu tertarik lagi untuk membicarakan kenaikan gaji katanya itu sudah pasti setiap tahun dan kenaikannya bisa diperkirakan antara 7% - 15%, atau kalau perusahaan lagi OK bisa mencapai diatasnya. Menurut dia kenaikan gaji tidak berberbanding dengan kebutuhan yang terus bertambah atau kenaikan harga barang kebutuhan yang dibeli lebih tinggi dari persentase kenaikan gaji. Benar juga pendapat teman saya itu... tapi khan masih syukur ada kenaikan gaji andai kenaikan barang kebutuhan bertambah sedangkan gaji tidak naik tentu akan lebih membuat pusing tujuh keliling apalagi kalau selama ini mempunyai keinginan yang terpendam, seperti memiliki kendaraan atau rumah kapan bisa kesampaian?

Saya sendiri sebagai karyawan berharap kenaikan gaji tahun ini, tapi terus terang saya tidak menggantungkan penghasilan saya dari satu sumber pendapatan, kabar gembira bagi karyawan bahwa di zaman sekarang mempunyai pendapatan dari berbagai sumber sangat mungkin diperoleh seorang karyawan, bagi yang membutuhkan hal tersebut sangat disarankan untuk terus berpikir mendapatkan ide-ide kreatif atau bertanya dan minta saran kepada teman, saya yakin anda akan menemukannya.

Pada akhir November 2006 yang lalu saya membuka sebuah usaha kemitraan secara online, karyawan adalah sasaran saya sebagai mitra kerja, saya berharap dengan bergabungnya seorang karyawan dalam usaha ini dapat memiliki passive income tanpa harus mengganggu pekerjaannya, saya bermimpi suatu saat nanti ada mitra saya yang mempunyai passive income sama atau melebihi penghasilan yang diterimanya dari perusahaan tempatnya bekerja. Sehingga tidak ada lagi keluhan terhadap perusahaan walaupun suatu saat perusahaan tidak menaikan gajinya.

Maukah Anda membuat mimpi itu menjadi kenyataan bersama saya...?


Wassalam,
Budi Rahmad

No comments: