Wednesday, January 24, 2007

Begitu Menggoda...

Beberapa hari yang lalu, tetangga samping bengkel Aksesoris saya yang mempunyai usaha Soto datang dan mengutarakan keinginannya untuk meng-over-kontrak tempat usahanya sekarang kepada saya, sisanya masih sekitar 1.5 tahun, kenapa mau diover? ya dia punya alasan sendirilah... yang jadi pikiran saya sekarang harga yang ditawarkannya sangat murah karena harga tawarannya sama dengan kontrak 1 tahun dan bayarnya pun bisa diangsur, ga harus langsung lunas. Menggiurkan? tentu...

Tapi setelah saya pikir-pikir dengah harga yang murah tersebut apakah menguntungkan? jawabannya belum saya temukan, ada beberapa hal yang saya pertimbangkan yaitu Dana dan peruntukan tempat tersebut.

Sebenarnya setiap bulan kami menyisihkan keuntungan untuk dana sewa tahun berikutnya, dana tersebut bisa kami gunakan untuk DP over-kontrak dan sisanya bisa dibayar belakangan tapi yang menjadi kendala tempat tersebut tentu butuh dana tambahan kalau memang mau buat usaha, ga mungkin khan udah sewa terus dibiarkan kosong? Masalah peruntukannya juga menjadi kendala, buat usaha apa? ada beberapa alternatif, salah satunya memperluas bengkel, menurut teman saya dengan diperluas bengkel maka ada kemungkinan income bertambah, tapi terus terang saya masih belum melihat kemungkinannya diatas 70% selain itu dana yang diperlukan untuk memperluas cukup banyak. Alternatif kedua Tempat jual beli motor, alternatif tersebut bukan merupakan keperluan mendesak karena dengan menempati area di depan bengkel masih memungkinkan, dengan memaksakan diri mengontrak untuk hal tersebut hanya akan menambah beban. Alternatif ketiga, Membuka tempat Steam Motor lagi, sepertinya ini juga tidak akan berpengaruh banyak karena disekitar daerah itu sudah banyak tempat steam Motor, baik besar maupun kecil.

Saya minta waktu tiga hari untuk memikirkan peruntukannya, dan hari ini adalah batas terakhir... barusan teman saya nelpon dan bilang kalau tetangga tersebut sangat mengharapkan kami yang mengambilnya, karena sampai hari ini saya belum menemukan ide usahanya maka saya mengambil keputusan untuk melepaskannya. Apakah saya rugi melepaskan penawaran yang begitu menggoda? mungkin, tapi saya tetap merasa itu adalah keputusan saya yang terbaik, saya membiasakan diri untuk melihat untung ruginya membeli sesuatu bukan berdasarkan murah dan mahalnya dan ini berpengaruh pada saat mengambil keputusan seperti ini.

Kalau lagi jalan-jalan di mall atau tempat perbelanjaan tentu kita sering melihat promosi dengan discount besar-besaran, terkadang begitu menggoda... "kapan lagi bisa beli barang seperti itu dengan harga sekian?" ah...

No comments: